Selasa, 02 Oktober 2012

SMA dan SMK


Kelulusan merupakan hal yang sangat menyenangkan dalam setiap akhir dari tingkatan pendidikan. Menyambut kehidupan yang baru dengan sesuatu yang baru pula. Namun masih banyak dari siswa-siswi yang sudah lulus SMP masih bingung dengan pilihan SMA dan SMK??

Berikut adalah sedikit informasi mengenai SMA dan SMK :

SMA merupakan singkatan dari Sekolah Menengah Atas.
Para lulusan SMP yang ingin mendalami ilmu lebih dalam, disarankan untuk masuk kedalam SMA, hal ini dikarenakan, materi pembelajaran akan lebih banyak difokuskan. Lulusan dari SMA sendiri dapat memasuki atau mengambil jurusan apapun ketika akan mengambil jurusan/fakultas dalam perguruan tinggi.
Di dalam SMA para siswa dapat memilih dua jurusan, yaitu : IPA, dengan IPS.
Perbedaan dari IPA dan IPS terletak pada penjurusan materi pembelajaran, jurusan IPA lebih memfokuskan kepada Fisika, Kimia, dan Biologi, dsb. Akan tetapi jurusan IPS lebih memfokuskan pada materi Sejarah, Sosiologi, dsb.
Dalam SMA tidak terdapat PKL (Praktek Kerja Lapangan), yang membuat para lulusannya sedikit susah untuk langsung bekerja di sebuah perusahaan, dan kebanyakan lulusan dari SMA akan meneruskan studi nya ke perguruan tinggi.

SMK merupakan singkatan dari Sekolah Menengah Kejuruan.
Para lulusan SMP yang ingin langsung bekerja setelah lulus dari studi 12 tahun, disarankan untuk masuk kedalam SMK.
Hal ini dikarenakan, dalam SMK, para siswa didik diberikan materi pembelajaran yang mengarah kepada kebutuhan industri pekerjaan.
Dalam SMK juga dilakukan PKL (Praktek Kerja Lapangan), yang dimana para siswa akan terjun langsung dalam dunia pekerjaan, dan bekerja di sebuah instansi. Dengan begitu, para lulusan SMK mendapatkan sebuah pengalaman, dan ilmu akan dunia pekerjaan, sehingga lebih mudah diterima bekerja ketika sudah lulus nanti.
Sangat banyak sekali jurusan dalam SMK, akan tetapi disini akan disebutkan beberapa jurusan dalam SMK :
  • Multimedia : Dalam jurusan ini, peserta didik akan diberikan materi tentang komputer, dan peralatan media lainnya untuk membuat suatu karya, baik dalam program, ataupun design. Biasanya Multimedia, akan mempelajari tentang web design, animasi, produksi film, atau pembuatan program.
    Jurusan lanjutan untuk kuliah : Tehnik Informatika, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual (DKV), Broadcasting.
  • Akuntansi : Para siswa akan diberikan materi mengenai keuangan, dalam jurusan Akuntansi ini. Bagaimana mengurus sistem keuangan suatu perusahaan, dan bagaimana mengelola suatu keuangan untuk mempermudah pengambilan keputusan bagi atasan.
    Jurusan lanjutan untuk kuliah : Sistem Informasi (Akuntansi), Ilmu Ekonomi.
  • Administrasi Perkantoran : Dalam jurusan ini, para siswa akan diajarkan untuk me-manage atau mengurusi tentang perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran. Para lulusan dari jurusan ini dapat menjadi seorang sekretaris.
    Jurusan lanjutan untuk kuliah : Ilmu Administrasi dan Sekretari.
  • Penjualan (Tata Niaga) : Jurusan ini membiasakan para didikannya untuk berbicara di depan orang banyak. Bagaimana taktik dan tehnik dalam sistem penjualan. Menumbuhkan jiwa seorang wirausahawan kepada setiap siswanya.
    Jurusan lanjutan untuk kuliah : Public Relation, Bahasa Asing, Marketing Management.
  • Teknik Komputer dan Jaringan : Jurusan ini mengkombinasikan teknik elektro dan teknik komputer. Para siswa akan lebih difokuskan kepada hardware dari sebuah komputer,dan hal yang berhubungan dengan jaringan internet.
    Jurusan lanjutan untuk kuliah : Tehnik Informatika, Teknik Elektro.
Pertanyaan yang pertama kali harus dijawab oleh para lulusan SMP apakah saya akan langsung bekerja atau akan meneruskan kuliah nantinya? Dengan memikirkan, dan menjawab pertanyaan tersebut kita dapat semakin mudah untuk menentukan, apakah yang akan diambil. Sebenarnya SMA atau SMK sama saja, hanya materi pembelajarannya yang berbeda. Pilihlah jurusan yang diingini mengunakan hati kalian, karena dengan memasuki SMA/SMK, itu merupakan langkah pijakan awal kalian dalam mengapai masa depan dan cita-cita kalian.

1 komentar:

kukuhibs at: 24 Agustus 2014 pukul 04.17 mengatakan...

gan .. mau tanya kalau jurusan akuntansi masuk ke kuliah jurusan informatika bisa nggak?

Posting Komentar

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Share Pesan

Blogroll